research
  • 06 Aug
  • 2025

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pengelola Keuangan Di Kelurahan Ngkaring-ngkaring

  • Oleh FEKON Operator

Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pengelola Keuangan di Kelurahan Ngkaring-Ngkaring


1. Latar Belakang

Transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Kelurahan Ngkaring-Ngkaring sebagai salah satu ujung tombak pelayanan publik membutuhkan sistem penyusunan laporan keuangan yang rapi, sesuai standar, dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, diperlukan peningkatan kapasitas aparatur pengelola keuangan melalui pelatihan yang terstruktur.


2. Tujuan Pelatihan

  1. Meningkatkan pemahaman pengelola keuangan terhadap prinsip-prinsip akuntansi pemerintahan.
  2. Meningkatkan kemampuan teknis dalam penyusunan laporan keuangan sesuai dengan regulasi yang berlaku (Permendagri, SAP, dsb.).
  3. Mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana kelurahan.


3. Sasaran Peserta

  1. Pengelola Keuangan Kelurahan (bendahara, staf keuangan, sekretaris kelurahan).
  2. Perangkat kelurahan lainnya yang terlibat dalam perencanaan dan pelaporan keuangan.


4. Materi Pelatihan

  1. Dasar-Dasar Akuntansi Pemerintahan
  2.  Regulasi Terkait Pengelolaan Keuangan Kelurahan
  3.  Teknik Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
  4. Penyusunan Neraca dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
  5. Simulasi & Studi Kasus Penyusunan Laporan Keuangan
  6.  Penggunaan Aplikasi/Sistem Keuangan yang Relevan.


5. Metode Pelatihan

  1. Paparan Materi oleh narasumber berpengalaman.
  2. Diskusi Interaktif untuk mengatasi permasalahan nyata di lapangan.
  3. Praktik Langsung penyusunan laporan keuangan.
  4. Evaluasi dan Umpan Balik untuk memastikan pemahaman peserta.